Halaman

teroris (me)

teroris (me)
with anak2 kampus suaka insan

Rabu, 02 Mei 2012

amburadul



 
TUGAS PERANAN PERAWAT SEBAGAI CHANGE AGENT DAN SHARING CARING
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH INTRODUCTION TO PROFESIONAL NURSING, NURSING CONCEPT & THEORIES DEVELOPMENT
  


    




OLEH:
NAMA : I Ketut Deny Wahyudi
NIM : 113063A10024



DESEN PEMBIMBING :
SR. IMELDA I. LADJAR, SPC, BSN, MHA


SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SUAKA INSAN
PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA KEPERAWATAN
BANJARMASIN
2011

PRAKATA

            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan kasih karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan pembuatan tugas ini tepat waktu yang telah ditentukan.
         Tugas  ini telah saya susun dengan usaha yang maksimal. Namun, apabila menurut pembaca masih ada kekurangan dan kesalahan. Kami harapkan saran perbaikan yang sifatnya membangun. Demi kesempurnaan karya tulis selanjutnya.

                                                                                                                           Banjarmasin, Mei 2011


                                                                                                                                                Penyusun














Salah satu peranan perawat adalah sebagai change agent, apa yang anda dapat lakukan dapat lakukan sebagai change agent dalam hidup anda maupun yang akan datang?
Change agent merupakan salah satu peranan perawat yang cukup penting yakni perawat disini dituntut dapat memberikan perubahan. Perubahan yang dimaksud tentunya perubahan kearah yang lebih baik.
Jika ditanya apa yang akan saya lakukan sebagai change agent dalam hidup saya maupun masa yang akan datang? Disini saya sebagai change agent akan melakuakan perubahan, terutama perubahan dalam diri saya pribadi. Banyak hal dalam hidup saya yang perlu dirubah kearah yang lebih baik tentunya. Yang pertama yang harus saya rubah dalam diri saya pribadi yaitu sifat saya, kebiasaan saya, dan cara pikir saya.
1.      Merubah sifat saya
Saya sadar akan sifat saya sekarang yang masih seperti anak  usia SMA, saya adalah seorang pribadi yang cepat sekali marah atau bisa dibilang pemarah. Jika sifat pemarah saya ini tidak dengan cepat saya ubah maka akan membirikan dampak buruk untuk diri saya kedepan, apalagi saya merupakan calon seorang perawat. Akan sulit untuk saya jika kelak saya menjadi seorang perawat tetapi masih memiliki sifat pemarah, karena menurut saya sifat pemarah ini sangatlah bertolak belakang dengan profesi keperawatan. Bagaimana nanti nasib pasien saya jika berhadapan dengan perawat pemarah seperati saya yang sekarang ini. Tentu saya harus harus merubah sikap saya ini agar kelak saya tidak menjadi pribadi yang pemarah. Mungkin untuk merubah 100% sifat saya ini sangatlah sulit tetapi sifat pemarah ini bisa lebih ditekan atau diminimalisai, dengan merubah sifat pemarah saya ini saya berharap bisa menjadi seorang perawat yang profesional.
Selain pemarah saya juga merupakan pribadi yang sedikit pemalu, dan disini saya juga ingin merubah sifat pemalu saya ini. Karena sangatlah tidak mungkin seorang tenaga perawat memiliki sifat pemalu. Kalau sifat pemalu saya ini tidak saya ubah jangan-jangan nanti ketika saya bekerja saya tidak berani berhadapan dengan pasien saya karena sifat pemalu saya ini. Dengan demikian maka saya harus bisa merubah atau mehilangkan sifat pemalu saya ini.
2.      Merubah kebiasan saya
Saya merupakan seorang remaja yang masih memiliki kebiasaan yang kurang baik, salah satu kebiasaan dalam diri saya ini yang ingin saya ubah yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Karena kebiasaan ini sangatlah tidak baik untuk hidup saya kedepannya, olleh karena itu saya ingin merubah kebiasaan bermalas-malasan saya ini mulai sekarang. Karena kebiasaan malas merupakan salah satu faktor penghambat kesuksesan seseorang.
3.      Merubah cara pikir saya
Saya akui bahwa saya adalah seorang pribadi yang masih memiliki cara pikir seperti anak-anak atau bisa dibilang masih kekanak-kanakan, oleh karena itu saya ingin merubah cara pikir saya yang masih seperti anak-anak ini agar lebih dewasa dan bisa menjadi sosok seorang yang dewasa. Saya atau dalam masa yang saya jalani saat ini merupakan masa pencarian jati diri, sehingga saya harus bisa menemukan bagaimana jati diri saya yang  jika sebenarnya dengan cara berpikir dewasa.
Semua itu merupakan sesuatu yang ingin saya ubah dalam diri saya sebagai change agent, dan jika ditanya perubahan apa yang  saya akan lakukan untuk masa yang akan datang? Jika nanti saya menjadi seorang perwat saya ingin melakukan perubahan pada citra perawat yang saat ini kurang baik, dimana kita sebagai perawat hanya dianggap sebagai pembantu dokter. Mungkin citra ini timbul karena kita dianggap tidak profesional. Oleh karena itu marilah kita sebagai generasi perawat yang baru kita tunjukan bahwa kita bisa menjadi perawat yang profesional.


Sharingkan caring yang anda wujudkan dalam kehidupan sehari-hari dan nanti menjadi perawat profesional.
Caring menurut Bener & Wrubel (1989) merupakan tujuan utama dari keperawatan dan sebagai dasar dari ethical keperawatan.
Jika ditanya caring yang saya wujudkan dalam kehidupan sehari-haridan nanti ketika saya menjadi seorang perawat profesional.
Saya disini merupakan calon tenaga perawat jadi saya dituntut agar bisa membiasakan caring dalam kehidupan sehari-hari saya. Disini caring saya artikan sebagai wujud kepedulian baik kepedulian kepada sesama manusia ataupun wujud caring atau kepedulian kepada lingkungan sekitar kita.
1.      Caring terhadap sesama manusia
Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus selalu melakukan yang namanya caring atau kepedulian, contoh caring yang saya lakukan ataupun yang akan saya lakukan dalaam hidup saya sekarang maupun kedepannya yang pertama yaitu menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama manusia, misalnya dalam kehidupan bermasyarakat kita harus bisa peduli terhadap teman misalnya, contoh saja misalnya ada seorang teman kita yang mengalami kesulitan kita disni harus bisa ikut membantu dia menghadapi kesulitan yang dia alami, dan kita juga harus bisa ikut merasakan apa yang sedang dia alami. Itu Cuma beberapa contoh kecil dari wujud caring yang akan saya lakukan dalam kehidupan saya sehari-hari. Jadi disni saya lebih menekankan bahwa wujud caring yang saya lakukan yaitu caring dalam arti kepedulian. Begitu  juga nanti ketika saya menjadi perawat profesional saya harus bisa care atau caring kepada pasien atau klien saya. Karena caring merupakan merupakan tujuan utama dari keperawatan.



2.      Caring terhadap lingkungan
Caring terhadap lingkungan menurut saya sangatlah penting karena sekarang ini wujud caring terhadap lingkungan sangatlah kurang dan bahkan tidak ada sama sekali. Sering kita melihat masyarakat sekarang ini membuang sampah ke kali atau sungai sekitar sehingga sungai menjadi tercemar dan kotor, dari sini kita usdah bisa melihat bahwa tingkat caring masyarakat kita terhadap lingkungan sangatlah memprihatinkan. Oleh karena itu saya disini ingin menekankan sekali lagi bahwa caring menurut pengertian saya adalah kepedulian, bagaimana kita pedli terhadap lingkungan kita yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan kita, karena jika lingkungan lingkungan kita bersih maka tingkat kesehatan masyarakat juga meningkat secara otomatis kita akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Dengan demikian secara otomatis juga kita sudah mewujudkan caring kita. Oleh karena itu mulai sekarang marilah kita tingkatkan caring kita terhadap lingkungan kita karena lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh besar dalam peningkatan kesehatan kita.
Mungkin ini sharing caring yang saya ingin  sampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar